Istighfar dan 99 kelebihannya

Istighfar
Bacaan istighfar berbunyi "astaghfirullahhal'adhim" merupakan kalimat pendek, kalimat istighfar jika dibaca secara rutin akan mendapatkan manfaatnya.

beristighfar sangat dianjurkan bagi setiap muslim, karna dengan membaca istighfar kita dapat menenangkan hati dan betaubatlah dengan istighfar, berikut ini uraian tentang keutamaan bacaan istighfar.

1. Istighfar mengangkat derajatnya disurga rasulullah bersabda,"sesungguhnya allah akan mengangkat derajat hambanya di surga. hamba itu berkata."wahai allah,dari mana saya dapat kemuliaan in?"allah berkata karna istighfar anakmu untukmu."(hr.ahmad dengan sanad hasan).

2. Istighfar sunah rasulullah abu hurairah berkata,"saya telah mendengar rasulullah bersabda, demi allah sesungguhnya aku minta ampun kepada allah (beristighfar) dan bertaubat kepanya dalam sehari lebih dari tujuh puluh kali."(hr.bukhari).

3. Istighfar menjadi sebaik-baik orang yang bersalah rasulullah bersabda,"setiap anak adam pernah bersalah, dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah yang segera bertaubat (beristighfar)

4. Beristighfar sebagai hamba allah yang sejati allah berfirman,"dan allah maha melihat akan hambanya. orang-orang berdoa."ya tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman,maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka,"orang yang sabar, yang benar, yang tetap ta'at yang menafkahkan hartanya (di jalan allah), dan yang memohon ampun (beristighfar) di waktu sahur."

5. Beristighfar terhindar dari kezhaliman allah berfirman,"barang siapa yang tidak bertaubat (beristighfar) maka mereka itulah orang yang zhalim."

6. Diampuninya dosa dengan istighfar.

7. Istighfar merupakan perkara yang penting, sehingga seorang hamba bisa mendapatkan ridha dan kecintaan allah subhanahu wa ta'ala.

8. Beristighfar memperoleh rahmat allah subhanahu wa ta'ala. firmannya"Hendaklah kalian meminta ampun kepada allah ta'ala (beristighfar), agar kalian mendapat rahmat.

9. lafaz Istighfar dalam firman yang lain,"mohonlah ampun kepada rabb kalian (beristighfar), sesungguhnya dia adalah maha pengampun, niscahaya dia akan menurunkan kepada kalian hujan dengan lebat, dan akan membanyakan harta dan anak-anak kalian, dan mengadakan untuk kalian kebun-kebun dan mengadakan pula didalamnya untuk kalian sungai-sungai.

10. Istighfar dapat menghapus dosa dan mengenyahkannya.

11. Istighfar merupakan kebutuhan hamba yang berkelanjutan. dia membutuhkannya menjelang siang dan malam, bahkan Istighfar senantiasa dibutuhkan dalam setiap perkataan dan perbuatan, kala sendirian maupun ramai, karena di dalamnya mengandung kemashalatan,mendatangkan kebaikan,menyingkirkan kemudhoratan,menambah kekuatan amal hati dan badan serta keyakinan iman.

12. Istighfar mendatangkan sikap lemah lembut dan baik tutur katanya. siapa yang ingin allah ta'ala memperlakukannya degan lemah lembut, maka dia harus senantiasa bersamanya. istighfar dapat menjadikan seseorang lemah lembut.

13. Istighfar menggembirakan allah rasulullah bersabda,"allah lebih gembira denga taubat (istighfar) hambanya dari pada kegembiraan salah seorang dari kalian yang menemukan ontanya yang hilang di padang pasir.

14. Istighfar memperbanyak ibadah. Istighfar membutuhkan penyesalan dan taubat (Istighfar)

15. Membaca bacaan Istighfar dicintai allah,allah berfirman,"sesungguhnya allah mencintai orang yang bertaubat (beristighfar) dan mencitai orang-orang yang mensucikan diri,"rasulullah bersabda,"orang yang bertaubat (beristighfar)adalah kekasih allah,"orangyang bertaubat(beristighfar) atas dosanya, bagaikan orang yang tidak berdosa.

16. Keutamaan istighfar dosanya diampuni rasulullah bersabda,"Allah telah berkat, wahai hambaku setiap kalian pasti berdosa kecuali yang aku jaga. maka beistighfarlah kalian kepadaku niscahaya kalian aku ampuni. dan barangsiapa yang meyakini bahwa aku punya kemampuan untuk mengampuni dosanya. maka aku akan mengampuninya dan aku tidak peduli berapa banyak dosanya.allah telah menunjukan penyakit kita dalam alqur'an. dosa adalah penyakt kita dan istighfar adalah obatnya.istighfar mendatangkan kebaikan.

17. Membaca lafadz istighfar selamat dari api neraka,"saya adalah orang yang tajam lidah, wahai rasulullah aku takut lidahku menyebabkan ku masuk neraka. rasulullah bersabda. dimana posisimu terhadap istighfar? sesungguhnya aku senantiasa beristighfar kepada allah sebanyak seratus kali dalam sehari.

18. Membaca lafaz istighfar mendapat balasan surga,"orang yang mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan allah, lalu memohon apmun (beristighfar) terhadap dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain allah. dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. mereka itu balasannya ialah ampunan dari tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai.

19. Membaca Kalimat istighfar mengecewakan syetan,"sesungguhnya syetan telah berkata,"demi kemuliaan ya allah,aku terus menerus akan menggoda hambamu selagi roh mereka ada dalam badan mereka. maka allah menimpalinya," dan demi kemuliaan dan keagunganku,aku senantiasa mengampuni mereka selama mereka memohon amapun (beristighfar). ali pernah didatangi oleh seseorang,"saya telah melakukan dosa,"bertaubatlah (beristighfar) kepada allah, dan jangan kamu ulangi",kata ali,orang itu menjawab,"saya telah bertaubat(beristighfar),tapi setelah itu say bedosa lagi. ali berkat,"bertaubatlah (beristighfar) kepada allah, dan jangan kamu ulangi."orang itu bertanya lagi, sampai kapan? ali menjawab, sampai syetan berputus asa dan merasa rugi,"

20. Membaca istighfar meredam adzab allah berfirman,"dan allah tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. dan tidaklah pula allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun (istighfar)

21. Membaca istighfar mengusir kesedihan rasulullah bersabda,"barangsiapa yang senantiasa beristighfar,maka allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya.

22. Istighfar melapangkan kesempitan rasulullah bersabda,"barang siapa senantia beristighfar,maka allah akan memberikan kelapangan bagi setiap kesempitannya.

23. Istighfar melancarkan rizki rasulullah bersabda,"sesungguhnya barang siapa yang beristighfar, maka allah akan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.

24. Istighfar membersihkan hati rasulullah bersabda," apabila seorang mukmin melakukan kesalahan atau dosa,maka coretlah noda hitam dihatinya apabila di beristighfar,meninggalkannya dan terus bertistighfar.

25. Dengan istighfar mudah mendapatkan anak allah berfirman,"mohon ampunlah kepada tuhanmu (beristighfar),sesungguhnya dia maha pengampun dan dia akan memperbanyak anak-anakmu denga beristighfar.

26. Keutamaan membaca istighfar medah medapatkan air hujan ,"dia didatangi seseorang yang mengadu lahannya tandus, ia menjawab beristighfarlah,lalu ada orang lain yang mengadu kebunnya kering, ia menjawab beristighfarlah lalu ada orang lain lagi yang mengadu bahwa ia belum punya anak, ia menjawab beristighfarlah.

27. Membaca istighfar bertambah kekuatannya allah berfirman,"mohon ampunlah I(beristighfar) kepada tuhanmu lalu bertobatlah (beristighfar) kepadanya,dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.

28. Istighfar bertambah kesejahteraannya allah berfirman," mohon ampunlah kepadaku (beristighfar) sesungguhnya dia akan memberikanmu ke sejateraanya.

29. Istighra menjadi orang yang beruntung allah berfirman,"dan bertaubatlah (beristighfar) kamu sekalian kepada allah.buruntunglah orang yang menemukan istighfar yang banyak pada setiap lembar catatan amal mereka.

30. Dengan Istighfar keburukannya diganti dengan kebaikan allah berfirman,"kecuali orang yang bertaubat (beristighfar),beriman dan mengerjakan amal saleh.

31. Istighfar bercitra sebagai orang mukmin rasulullah bersabda,"dan tidaklah ia melakukan sesuatu yang tercela,dan ia sadar sepenuhnya itu salah,lalu ia mohon ampun (beristighfar) kepada allah, dan hatinya yakin bahwa tiada tuhan yang bisa mengampuninya kecuali allah.

32. Istighfar sebagai orang bijak ulama berkata," tanda orang bijak salahsatunya yaitu apabila ia mengingat dosa ia segera beristighfar

itulah manfaat dan keutamaan istighfar dan istighfar selalu mengingatkan kita untuk tidak mengulangi dosa dan dimintakan ampunan bagi kita.

semoga artikel mengenai keutamaan istighfar ini bermanfaat.

Jika ada penyataan tinggalkan di kotak komentar di bawah ini :






Komentar

Postingan Populer