Asal Usul Sejarah Dan Mitos Seputar Perayaan Hari April MOP

APRIL MOP

Apa Itu April Mop ?

April Mop, dikenal dengan April Fools'Day dalam bahasa inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu - menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang - orang yang mudah ditipu. Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang hari atau sebelum siang hari. Seorang yang memainkan trik setelah tengah hari di sebut sebagai "April Mop". Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas  dimainkan sepanjang hari. Hari itu juga banyak di peringaiti di Internet.

Bahasa pemrograman PHP pun merayakan April MOP ini dengan mengganti logo php pada setiap page 'php info'.

April Mop, Hari Di Mana Boleh Menipu Orang Lain
April MOP yaitu hari dimana "mereka" boleh menipu orang lain sebagai bahan gurauan. Setiap kali menjelang tanggal 1 April, biasanya banyak diantara kita akan begitu sibuk dan tertawa dengan budaya barat. Banyak yang bersiap - siap untuk merayakannya dengan membuat rencana besar untuk menipu orang lain / sahabat / saudara terdekat.

Bagi umat islam, berhati - hatilah terhadap budaya ini. Hindari berbuat dzalim, karna april mop bukanlah budaya islam.

Dan tahukan anda ?
Berapa banyak umat islam yang tidak mengetahui kenyataan pahit pada tanggal 1 april ? Banyak sekali.
Untuk itu MYNEWS akan menjelaskannya melalui sejarah april mop bagi umat islam...

Fakta Islam : Sejarah April MOP


Sebenarnya, April Mop adalah sebuah perayaan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat islam Spanyol oleh tentara salib yang dilakukan lewat cara - cara penipuan. Sebab itulah, meraka merayakan April MMOP dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.

Biasanya orang akan menjawab bahwa April Mop yang hanya berlaku pada tanggal 1 April adalah hari dimana kita boleh dan sah menipu teman, orangtua, saudara, atau lainnya, dan sang target tidak boleh marah atau emosi ketika sadar bahwa dirinya telah menjadi sasaran April Mop. Biasanya sang target, jika sudah sadar terkena Jebakan April Mop, maka dirinya juga akan tertawa atau minimal mengupat sebal, tentu saja bukan marah yang sesungguhnya.

Walaupun tidak sepopuler perayaan tahun baru atau Valentine's Day, budaya April Mop belakanagan ini melihatkan kecendrungan yang makin akrab di masyarakat perkotaan. Terutama dikalangan anak muda, bukan mustahil juga, ke depannya akan terus meluas keseluruh masyarakat mau di kota atau di desa. Ironisnya, masyarakat kita dengan mudah meniru kebudayaan barat ini tanpa berpikir apakah budaya ini baik atau tidak untuk di ikuti.

Perayaan April Mop berawal dari suatu tragedi besar yang sangat menyedihkan dan memilukan. April Mop, atu The Mop, atau The April's Fool Day, berawal dari satu episode sejarah umat muslim Spanyol di tahun 1478 M, atau betepatan dengan 892 H.

Sejak dibebaskan Islam pada abad ke - 8 M oleh panglima Thariq bin Ziyad, Spanyol berangsur - angsur tumbuh menjadi satu negeri yang makmur. Pasukan Islam tidak saja berhenti di Spanyo, namun terus melakukan pembebasan di negeri - negeri sekitar menuju Perancis. Perancis Selatan dengan mudah di bebaskan. Kota Carcassone, Nimes, Bordeaux, Lyon, Poitou, Tours, dan sebaginya jatuh. Walaupun sangat kuat, pasukan islam masih memberikan tolerensai kepada suku Goth dan Navaro di daerah sebelah barat yang berupa pegunungan. Islam telah menerangi Spanyol.

Karna Sikap para penguasa Isla yang begitu baik dan rendah hati, banyak orang - orang Spanyol yang kemudian dengan tulus dan iklas memeluk Ajaran Islam. Muslim Spanyo bukan saja beragama Islam, namun sungguh - sungguh mempraktikan kehidupan - kehidupan secara islami. Tidak hanya membaca Al - Qur`an. Meraka juga menerapkan tingkah laku sehari - hari berdasarkan apa yang diajarkan di dalam Al - Qur`an. Meraka selalu berkata tidak untuk tidak berbuat musyrik, meminum bir, dan melakukan pergaulan bebas, serta melakukan segala hal yang dilarang dalam islam. Keadaan tentram seperti itu berlangsung enam abad lamanya.

Selama itu pula kaum kafir yang masih ada di sekeliling Spanyol tanpa kenal lelah terus berupaya membersihkan Islam dari Spanyo, namun selalu gagal. Maka dikirimlah sejumlah mata - mata untuk mempelajari kelemahan umat islam Spanyol.

Akhirnya mereka menemukan cara untuk menaklukkan Islam, yakni dengan langkah pertama yaitu melemahkan iman orang islam, melalui serangan pemikiran dan budaya. Maka mulailah secara diam - diam mereka mengirimkan alkohol dan rokok secara gratis ke dalam wilayah Spanyol. Musik diperdengarkan untuk membunjuk kaum mudanya agar lebih suka bernyanyi dan menari dari pada membaca Al - Qur`an . Mereka juga mengirimkan sejumlah ulama palsu untuk meniup - niupkan perpecahan ke dalam  tubuh umat Islam Spanyol. Lama kelamaan upaya ini pun membuahkan hasil.

Akhirnya Spanyol jatuh dan bisa dikuasai pasukan salib. Penyerangan oleh pasukan salib benar - benar dilakukan dengan kejam tanpa mengenal peri kemanusiaan. Tidak hanya pasukan Islam yang di bantai, tetapi juga penduduk sipil, wanita, anak - anak kecil, orang - orang tua. Satu persatu Islam yang berada di daerah Spanyol pun jatuh.

Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukan. Penduduk  - Penduduk Islam di Spanyol pun terpaksa berlindung di dalam rumah  masing - masing untuk menyelamtkan diri .
Tentara - tentara salib terus mengejar mereka. Ketika jalan - jalan sudap sepi, tinggal meyisakan ribuan mayat yang bergelimpangan, dan bermandikan genangan darah. tentara salib mengetahui bahwa banyak umat muslim Granada yang masih bersembunyi di dalam rumah.
Dengan lantang tentara salib itu meneriakan pengumuman, bahwa para muslim Granada bisa keluar dari dalam rumah dengan amandan di perbolehkan berlayar ke luar Spanyol dengan membawa barang - barang keperluan mereka.

Orang - orang Islam merasa curiga dengan tawaran ini, namun beberapa dari umat muslim di perbolehkan melihat sendiri kapal - kapal penumpang yang sudah di persiapkan di pelabuha.
Setelah benar - benar melihat ada kapal yang sudiah dipersiapka, mereka pun segera bersiap - siap untuk meninggalkan Granada dan berlayar meninggalkan  Spanyol.

Keesokan harinya, ribuan penduduk muslim Granada keluar dari rumah - rumah merekah dengan membawa seluruh barang - barang keperluan, dan dengan berjalan beriringan merekan pergi menuju  ke pelabuhan. Beberapa orang islam yang tidak mempercayai pasukan salib, memilih bertahan dan terus bersembunyi di rumah - rumah mereka. Setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan, dengan cepat tentara salib menggeledah rumah - rumah yang telah di tinggalkan penhuninya. dan tentara salib pun membakar habis rumah - rumah tersebut bersama dengan orang - orang islam yang masih bertahan di dalamnya.

Sedangkan ribuan umat islam yang berada di pelabuhan, hanya bisa terpana ketika melihat tentara salib membakari kapal - kapal yang dikatakan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyo. Kapal - kapal itu dengan cepat tenggelam. Ribuan umat islam Spanyol pun terdiam tidak bisa berbuat apa - apa, karna mereka tidak mempunyai senjata sama sekali untuk melawan tentara salib, dan kebanyakan dari mereka merupakan kaum perempuan dan anak - anak yang masih kecil, sedangkan tentara salib telah mengepung mereka dengan pedang yang mengarah ke arah Umat Islam Spanyol.

Dan dengan satu teriakan dari pemimpinnya, para tentara salib pun segera membantai umat islam Spanyol tanpa rasa belas kasiha,. Jerit tangis dan takbir membahana. Seluruh Muslim Spanyol di Pelabuhuan itu pun habis terbunuh dengan kejam. Darah menggenang di mana - mana. Laut yang biru telah berubah menjadi merah kehitam - hitaman.

Tragedi ini pun bertepatan dengan tanggal 1 april. Inilah yang kemudian diperingati oleh dunia kristen sebagai April MOP ( The April`s Fool Day). Pada tanggal 1 April, orang - orang di perbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain. Bagi umat Kristiani april mop merupakan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat islam Spanyol oleh tentara salib lewat cara - cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan april mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau di bungkus dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.

Bagi Umat Islam, April MOP tentu merupakan tragedi yang sangat menyedihkan. Hari dimana ribuan saudara - saudaranya se iman disembelih di bantai oleh tentara salib di Granada, Spanyol. Oleh sebab itu, tidak lah pantas bagi umat muslim untuk ikut - ikutan merayakan tradisi ini. Dan barang siapa umat muslim yang ikut merayakan perayaan hari april mop ini, maka sesungguhnya ia sedang merayakan pembunuhan atas umat muslim Spanyol  di masa lalu.

Apa Saja Peristiwa Nyata Yang Pernah Terjadi Pada Tgl 1 April ?

Rutinitas lelucon April MOP sering membuat orang - orang yang memperingatinya meragukan liputan berita yang terbit pada tgl 1 april. Untuk itu berikut ini MYNEWS akan memaparkan beberapa tragedi nyata yang terjadi pada tgl 1 april, berikut ulasannya :

Pada 1 April 1946, gempa bumi disertai tsunami membunuh 165 orang di Hawaii dan Alaska mengakibatkan dibuatnya sistem peringatan tsunami. Di Hawaii, tsunami ini dikenal dengan istilah " Tsunami April Mop", karena kebanyakan orang yang tewas tidak percaya akan berita datangnya tsunami tersebut.

Kematian Raja George II dari Yunani Pada Tanggl 1 April 1947.

 AMC Gremlin yang pertama kali diperkenalkan pada tanggal 1 April 1970.

Pada tahun 1979, Iran menyatakan bahwa 1 April merupakan Hari Republik. Kabar ini dianggap sebagai lelucon hingga hingga tiga puluh tahun kemudian.

Pada 1 April 1993, juara NASCAR Seri Piala Winston, Alan Kulwicki tewas dalam kecelakaan pesawat yang melibatkan eksekutif Hoosters dari Amerika di Blountville, Tennessee dekat Bandara Tri - Cities. Perjalanan itu menuju ke Food City 500 yang dijadwalkan untuk hari berikutnya.

Deathorock legenda Rozz Williams wafat karena bunuh diri pada tgl 1 April 1998.

Pada tgl 1 April 1999 wilayah barat laut Kanada terpecah yang sekarang wilayah itu bernama Nunavut.

Persaingan antara Merger Square dan peursahaan sainggannya Enix, terjadi pada 1 april 2003, dan pada awalnya dianggap sebagai lelucon.

Leslie Cheung, Penyanyi dan aktor terkenal asal hongkong bunuh diri pada tgl 1 april 2003 karan depresi berat.

Peluncuran Gmail pada tgl 1 april 2004 oleh google, awalnya dianggap lelucon karna google memang sering  memasang lelucon april mop pada situs mereka.

Sejarah April Mop Dari Berbagai Versi

Versi Islam

Perayaan April Mop konon diawali peristiwa penyerangan besar - besaran oleh tentara salib terhadap negara Spanyol yang ketika itu di bawah kekuasaan kekhalifahan Islam pada Maret 1487 Masehi.

Kota - kota islam di Spanyol seperti Zaragoza dan Leon di wilayah Utar, Vigo dan Forto di wilayah Timur, Valencia di  Wilayah Barat, Lisabon dan Cordoba di Selatan serta Madrid di pusat kota dan Granada sebagai kota pelubahan berhasil dikuasai tentara salib. Umat Islam yang tersisa dari Peperangan itu dijanjikan kebebasan kika meninggalkan spanyol dengan kapal yang di siapkan di pelabuhan Granada. Tentara Salib itu berjanji keselamatan dan memperbolehkan umat islam menaiki kapal kika mereka meninggalkan Spanyol dan persenjataan mereka. Ketika ribuan umat muslim sudah berkumpul di pelabuhan, kapal yang tadinya bersandar di pelabuhan langsung dibakar dan kaum muslim di bantai dengan kejam sehinnga ait laut menjadi merah karna darah.

Peristiwa pembantain dan pengingkaran janji tersebut terjadi pada 1 April 1487 Masehi dan konon dikenang  sebagai "The April Fool Day".

Versi Eropa

Pada tahun 1582, Paus Greogorius XIII memerintahkan pergantian kalender Julian.
Tradisi populer menceritakan bahwa beberapa orang Eropa tidak mengetahui perubahan tersebut dan terus merayakan Tahun Baru pada tgl 1 April dari kalender Julian sebelumnya.

Versi Joseph Boskin

Seorang profesor sejarah di Universitas Boston bernama Joseph Boskin mengatakan bahwa April Mop dimulai pada masa pemerintahan Constantine.

Constantine yang humoris memperbohkan badut istana bernama kugel untuk menjadi raja selama satu hari. Sselanjutnya, badut tersebut mendeklaraskikan tanggal 1 April sebagai Day of Absurdity atau hari yang tidak masuk akal yang kemudian menjadi acara tahunan.

The Associated Prss (AP) menerbitkan cerita ini. Butuh beberapa minggu untuk menyadari bahwa cerita tersebut adalah palsu dan bagian dari April Mop. Boskin mengarang cerita tersebut.

Versi Lain

Sedangkan yang lain mempercayai bahwa april mop adalah praktek kuno. Meskipun tidak dirayakan pada hari yang sama, kebudayaan kuno telah mengamati hari ketika orang - orang dapat membuat lelucon bersama.

Ternyata ada berbagai versi mengenai sejarah april mop, dan selanjutnya MYNEWS akan memapakran menegenai Perayaan  - perayaan unik april mop di seluruh dunia. beritkut ulasannya.

Ke Unikan Perayaan April Mop Di Seluruh Dunia

1. Perancis

April Mop di perancis dikenal sebagai Poisson d`Avril atau April Fish. Di Italia, ini juga disebut Pesce d`Aprile. Secara tradisional anak - anak sekolah akan menempelkan gambar ikan pada penggung teman sekolahnya sebagai bentuk kejahilan. Setelah itu, merekan hanya menunggu teman tersebut mengetahuinya.

2. Skotlandia

Orang - orang Skotlandian sangat menikmati lelucon dan merayakan April Mop selama dua hari hingga tgl  2 April. Hari Pertama disebut sebagai Hunt the Gowk Day. Pada hari itu mereka meminta seseorang mengirimkan surat yang isinya meminta orang yang menerimanya melanjutnkan, sehingga surat tersebut menjadi berantai. Sementara hari kedua dikenal sebagai Taily Day yang di penuhi lelucon dan saling mengejek atar teman.

3. Iran

Hari ke - 13 tahun baru persia yang disebut Sizdah Bedar biasanya jatuh pada tgl 1 april atau 2 april. pada saat itu banyak orang yang melakukan prank atau mengerjai orang lain sejak tahun 536 SM. Setelah banyak mengerjai orang lain, sorenya mereka berkumpul bersama untuk makan, tertawa, dan melakukan permainan . Setelah selesai makan, masyarakat membuang sayuran hijau yang di sebut Sabzeh, ini melambangkan di buangnya kesialan dan rasa sakit untuk tahun yang akan datang.

4. Spanyol

Di Spanyol acara semacam April mop yang di gunakan untuk menipu dan mengerjai teman - teman tidak dilakukan pada tgl 1 april, melainkan pada tgl 28 Desember yang juga disebut sebagai perayaan Holly Innocents Day atau Chidlermas. Tradisi ini juga dilakukan di Amerika Latin. Mereka yang menjadi korbn tidak boleh marah karena yang mengerjai dianggap sebagai orang yang tidak berdosa.

5. Portugal

Masyarakat Portugal memiliki keunikan untuk mengerjai teman - temannya dalam perayaan april mop. Mereka memiliki lelucon yang menjadi tradisi, yaitu melempar tepung pada seseorang.

6. India

Perayaan yang hampir sama dengan april mop di india tak dilakukan tgl 1 april, melainkan tgl 31 Maret yang juga disebut sebagai festival HOLI. Pada hari itu, semua orang boleh melempar tepung warna - warni , mengerjai, dan membuat lelucon untuk orang lain.

7. Denmark

Denmark dan Swedia merayakan april mop pada tgl 1 april, namun mereka memiliki hari lelucon sendiri, yaitu pada tgl 1 mei. Bulan april dan mei yang menandakan berakhirnya musinm dingin membuat masyarakat Skandinavia merasa lebih ceria dan bersemangat.

itulah beberapa keunikan perayaan april mop dari berbagai negara. Dan yang terakhir MYNEWS akan membagikan ulasan mengenai Mitos - Mitos Seputar April MOP.

Mitos - Mitos Seputar April Mop

1. Peristiwa April Berdarah



Mitos pertama yang ada dalam perayaan april mop inni adalah sebuah kisah yang cukup mengerikan yaitu april berdarah. Mengapa disebut dengan april berdarah ? Hal ini di karenakan tgl 1 april 1987 M, terjadi pembantaian oleh tentara salib terhadap umat muslim spanyol di pelabuhan Granada spanyol.
walaupun menurut sebagian orang kisah ini mitos, namun banyak umat muslim yang yakin dan percaya dengan kisah pembantaian umat muslim di spanyol tersebut. Oleh sebab itu banyak umat muslim yang mengharmkan perayaan april mop ini.

2. Day Of Absurdity



Sudah bukan hal yang baru jika perayaan april mop ini identik dengan adanya hal - hal yang berbeda dari biasanya. Mitos yang juga datang bersamaan dengan april mop ini adalah mitos mengenai kokonyolan pada hari ini. Diyakini bahwa tradisi april mop ini datang dari seorang Profes yang bernama joseph boskin yang merupakan seorang ahli sejarah. Joseph dengan percaya diri menyuruh sang badut istana untu duduk di bangku raja pada tgl 1 april selama sehari. Hal ini tentunya sangat tidak masuk akal bukan ? Namun intinya dari hari ini adalah memang adanya kekonyolan yang terjadi.

3. Pencarian Oleh Dewi Ceres



Mitos berikutnya yang juga aneh dari adanya perayaan april mop ini adalah adanya mitos bahwa hari ini datang sejak masih adanya dewa dan dewi di muka bumi ini. Diceritakan bahwa dahulu kala ada seorang dewa dunia ghaib yaitu dewa pluto, dewa ini telah menculik dewi panen yaitu dewi ceres. Namun setelah melakukan beberapa usaha, akhirnya dewi ceres bisa melarikan diri dan pergi untuk kembali kepada anaknya. Namun cara yang digunakan ini adalah cara yang bodoh yaitu dengan mengikuti suara teriakan anaknya berasal. Sejak saat itulah pencarian yang dilakukan dewi ceres ini dianggap sebagai pencarian bodoh.

4. Kematian Judas


Mungkin hal yang satu ini adalah hal yang merupakan mitos benar - benar terjadi dan sangat dihormati oleh bangsa eropa khususnya para kaum kristen. Mengapa seperti itu ? Hal ini dikarenakan ada mitos yang menyatakan bahwa judas telah meninggal pada tgl 1 april, seperti yang anda ketahui bahwa judas adalah murid sang jesus kristus yang tidak menghormati jesus, justru telah menipu dan membohongi jesus.

Itu sedikit ulasan yang bisa MYNEWS berikan untuk lebih mengenal apa itu APRIL MOP ?
semoga artikel ini bisa menambah wawasan pembaca setiap MYNEWS.

Jika anda merasa peduli, bagikan artikel ini, ke semua teman yang anda kenal.

Komentar

Postingan Populer