99 fakta unik puasa ramadhan dan puasa sunah

PUASA

Pengerian Puasa

Puasa adalah suatu kegiatan menahan lapar, dahaga, dan nafsu duniawai. Puasa di anjurkan bagi umat muslim yang mampu melaksanakannya dan tidak boleh melakukan hal yang membatalkan puasa. Puasa dilakukan selama seharian penuh.

puasa dalam islam terbagi menjadi beberapa jenis puasa dan hukum puasa diantaranya :

puasa ramadhan :

puasa ramadhan adalah puasa wajib yang dilakukan sebulan penuh pada bulan ramadhan dan disebut puasa ramadhan dan bagi yang meninggalkan puasa ramadhan harus membayar hutang puasanya di lain hari. puasa ramadhan merupakan puasa yang paling di tunggu dan bulan puasa ramadhan sendiri merupakan bulan yang istimewa dan penuh rahmat. dan bagi yang yang mengerjakan puasa ramadhan akan mendapatkan pahala yang besar dan bagi yang meninggalkan puasa ramadhan di bulan ramadhan akan mendapatkan banyak kerugian di bulan ramadhan itu sendiri karna meninggalkan puasa yang diwajibkan tersebut.

puasa sunah :

puasa sunah yaitu puasa yang dilakukan di hari-hari biasa bukan di bulan ramadhan, puasa sunah juga bukan pula puasa wajib, puasa sunah yang paling sering kita dengar salah satunya yaitu puasa sunah senin kamis. puasa sunah senin kamis bagi umat muslim pasti sudah tak asing lagi karna puasa sunah senin kamis ini sering diterapkan di dalam kehidupan masyarakat muslim. pahala yang diberikan bagi yang melaksanakan puasa sunah senin kamis yakni pahala yang besar, karna bagi siapa saja yang melaksanakan puasa sunah senin kamis akan selalu mendapatkan safaat dan manfaat dari melaksanakan puasa sunah senin kamis tersebut.

puasa yang diharamkan :

7 jenis puasa yang diharamkan dalam islam :

1. puasa pada dua hari raya

Allah subhaanahu wa ta'ala mengharamkan berpuasa pada dua hari raya, yaitu : hari raya idul fitri dan hari raya idul adhaa, karena pada kedua hari itu semua orang berada dalam keadaan senang dan gembira serta mendapatkan beberapa kelezatan yang tidak dilarang allah. dengan berpuasa di kedua hari raya itu maka tidak akan tampak sifat murah hati dan dermawan terhadap golongan fakir miskin.

hari raya idul fitri jatuh pada tanggal 1 syawal. seseduh ummat islam menunaikan ibadah puasa ramadhan sebulan penuh sedangkan hari raya idul adhaa jatuh pada tanggal 10 dzulhijjah. pada hari itu, semua orang yang berada di tanah suci yang menunaikan ibadah haji telah selesai melaksanakan manasik haji, sehingga mereka bersyukur kepada allah, karna telah selesai melaksanakn seluruh ibadah haji.

2. Puasa Pada Hari Tasyrik

 hari tasyrik  adalah hari sesudah hari raya idul adhaa, tepatnya tanggal 11,12,13 dzulhijjah. adapun sebab diharamkannya berpuasa pada hari tasyrik ini adalah karena pada saat itu, orang yang sedang melaksanakan ibadah haji sedang dalam keadaan puncak kesibukan mereka, dan mereka adalah musafir karna itu diharamkan berpuasa di hari tasyrik.

3. Puasa Pada Hari Syak

Hari syak adalah hari terakhir di bulan sya'ban. menurut hadits Ammar bin yasir rodhiyallahu anhu, yang mengatakan bahwa rasulullah saw bersabda :

"barang siapa berpuasa pada hari syak, berarti ia telah mendurhaka kepada Abul Qosim saw." (hr. ashhaabus sunan)

dari hadits diatas jelas, bahwa puasa hari syak tidak boleh, namun kalau seseorang sudah membiasakan berpuasa, misalnya puasa sunah senin kamis, dan kemudian jatuh pada hari syak itu, maka ia boleh berpuasa pada hari itu.

4. Puasa Bersambung

puasa bersambung (wishol) adalah puasa yang dikerjakan terus tanpa diselingi oleh berbuka atau sahur. puasa seperti ini adalah makruh. sebab merupakan penyiksaan diri yang dilarang keras oleh agama.

5. Puasa sepanjang masa

Puasa sepanjang masa yaitu puasa yang dikerjakan satu tahun penuh, berikut hari-hari yang di haramkan padanya, hal tersebut dilarang oleh rasulullah saw, dalam sabdanya :

" tidak ada puasa bagi orang yang berpuasa sepanjang masa."(hr. bukhary, muslim dan ahmad)

6. Puasa Khusu Hari Jum'at

rasulullah saw melarang umatnya untuk mengkhususkan diri berpuasa pada hari jum'at, yang tidak di dahului oleh puasa hari, atau tidak dilanjutkan puasa pada hari sabtu. tapi kalau hari jum'at tersebut bertepatan dengan hari asyurah atau hari arafah, maka hukumnya menjadi boleh bahkan disunahkan, demikian menurut jumhur ulama.

"sesungguhnya hari jum'at itu adalah hari raya mu, maka janganlah kamu berpuasa padanya, melainkan bila kamu berpuasa sebelumnya (hari kamis) atau sesudah (hari sabtu)nya." ( hr. al-bazzar)

7. wanita puasa tanpa izin suami

rasulullah saw telah melarang seorang wanita bersuami untuk melakukan ibadah puasa sunnah ketika suaminya berada dirumah, tidak dalam berpergian dan tidak sakit yang menyebabkan suaminya tidak bisa menggaulinya. dalam hal ini, kalau si wanita itu tetap berpuasa, maka puasanya batal,sebab hukumnya adalah haram. suami boleh menyuruh isterinya untuk membatalkan puasanya, kalau puasa itu tidak dengan izinnya.

Jadi itulah beberapa jenis puasa yang diharamkan dalam islam, apa bila kita mengerjakannya pada hari-hari diatas maka kita akan mendapatkan dosa,jadi berhati-hatilah memilih hari dalam berpuasa. dan seringlah berpuasa sunah karan puasa sunah bisa menambah pahala kita. dan jangan pernah meninggalkan puasa wajib tanpa alasan yang wajar dan bagi yang yang membatalkan puasa wajib tanpa alasan yang wajar maka dosa akan di dapatnya dan jangan lupa membayar zakat fitrah ramadhan untuk membersihkan diri serta rajinlah mengerjakan puasa sunah dan jangan meninggalkan puasa wajib di bulan ramadhan.

hukum bagi yang membatalkan puasa :

bagi seseorang yang membatalkan puasa ramadhan dengan sengaja maka berdosalah dia dan bagi seseorang yang membatalkan puasa ramadhan dengan alasan yang diperbolehkan maka wajib baginya untuk mengganti puasa ramadhan tersebut.

bagi seseorang yang membatalkan puasa sunah hukumnya adalah makruh. artinya dia tidak akan mendapat pahala atau dosa karna membatalkan puasa sunahnya.

hindarilah hal yang membatalkan puasa dan apabila tanpa sengaja kita melakukan sesuatu yang membatalkan puasa maka gantilah.

setelah selesai melaksanakan puasa ramdhan kita jangan lupa membayar zakat fitrah.

pengertian zakat

zakat adalah kewajiban bagi manusia yang mampu untuk mengeluarkan sebagian hatanya orang yang kurang mampu. zakat bertujuan untuk membersihkan jiwa. dan zakat telah diwajibkan bagi bayi yang baru dilahirkan dan zakat tidak diwajibkan bagi orang yang sudah meninggal dunia.

Hukum membayar zakat :

hukum membayar zakat dalam islam adalah wajib bagi yang mampu dan tidak wajib bagi yang tidak mampu.

golongan yang wajib membayar zakat :

membayar zakat diwajibkan bagi yang mampu dan  zakat tidak dianjurkan untuk golongan yang tidak mampu.

Orang yang berhak menerima zakat :

zakat terdiri dari beberapa jenis diantaranya zakat fitrah,zakat mal dll. orang yang menerima zakat diwajibkan bagi orang yang tidak mampu, anak yatim piatu yang kekurangan, musafir,janda miskin dll.

Dan itulah beberapa fakta unik puasa ramadhan dan puasa sunah, serta puasa yang diharamkan dan yang membatalkan puasa serta zakat.

 Apabila ada yang ingin berkomentar mengenai fakta unik puasa ini dapat tinggalkan pesan di kolom komentar dibawah ini :

Komentar

Postingan Populer